close
Loading...
Loading...

Inilah 7 manfaat jeruk nipis yang selama ini jarang diketahui, ternyata juga bisa untuk kanker



Jeruk nipis merupakan jenis tanaman yang masuk kedalam jeruk-jerukan yang bisa ditemui dan tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai campuran makanan yaitu soto. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak, berduri, daun lonjong, dan tangkai daun bersayap kecil.


Jeruk nipis mempunyai banyak vitamin, yang banyak terkandung dalam jeruk nipis ini adalah vitamin C nya. Selain mengandung vitamin C, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Serta asam sitrat yang membuat rasa asam pada jeruk nipis.

Tapi, tahukah Anda apa saja manfaat minum air jeruk nipis? Berikut beberapa manfaat air jeruk nipis bagi kesehatan.

Manfaat air jeruk nipis

1. Dapat mengatasi inflamasi

Apa manfaat minum air jeruk nipis di pagi hari? Beberapa penyakit inflamasi seperti peradang sendi (arthritis), asam urat, dan penyakit sendi lainnya dapat dikurangi dengan mengonsumsi air jeruk nipis. Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis dapat mengurangi inflamasi serta meredakan gejala penyakit inflamasi yang muncul. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi lebih sedikit vitamin C memiliki kemungkinan menderita arthritis tiga kali lebih besar. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah mengonsumsi air jeruk nipis untuk mengurangi resiko penyakit arthritis.

2. Memperbaiki pencernaan

Jeruk nipis mengandung asam yang dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain mempunyai kandungan flavonoid didalamnya, air jeruk nipis juga dapat membantu pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Bagi Anda yang mengalami sembelit, Konsumsilah air jeruk nipis karena didalamnya terdapat sifat asam jeruk nipis yang dapat merangsang pergerakan usus Anda. Minum segelas air hangat dan 2 sendok teh air jeruk nipis 30 menit sebelum makan.

3. Menyehatkan kulit wajah

Apa manfaat air jeruk nipis untuk wajah? Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen pada kulit. Mengonsumsi air jeruk nipis dapat menyebabkan kulit terhidrasi dan menyehatkan kulit Anda.
Hindari mengoleskan air perasan jeruk nipis langsung di kulit Anda karena paparan cahaya matahari setelah menggunakan air jeruk nipis yang dapat menyebabkan phytophotodermatitis. Anda dapat merasakan kulit terasa panas.

4. Dapat menurunkan berat badan

Apa manfaat air jeruk nipis hangat? Saat ini banyak wanita yang ingin badannya terlihat lebih indah. Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga dapat membantu Anda dalam membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak dan tubuh Anda akan terlihat indah. Selain minum air jeruk nipis ini, rutin berolahraga juga sangat diperlukan untuk menurunkan berat badan. Rutin olahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan mengonsumsi buah atau sayur.

5. Mencegah risiko kanker

Kanker merupakan penyakit akibat pertumbuhan sel yang abnormal yang dapat berkembang pada bagian tubuh mana saja seperti payudara, paru-paru, dan ginjal. Mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker. Karena kandungan antioksidan dalam air jeruk nipis dapat membantu dan menjaga kesehatan pertumbuhan sel serta meningkatkan sistem imun dalam tubuh.


6. Menurunkan gula darah

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah yang dapat membantu mengolah penyerapan gula ke dalam darah. Sehingga, gula darah Anda dapat terjaga dan terhindar dari diabetes.

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Apa khasiat air jeruk nipis hangat? Jeruk nipis mempunyai kadar magnesium dan kalium yang dapat menjaga kesehatan jantung. Kalium pada jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Dari sebuah penelitian yang telah ditemukan bahwa senyawa yang terdapat dalam jeruk nipis yaitu limonin dinyatakan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Subscribe to receive free email updates:

KLIK ARTIKEL DIBAWAH DAPAT BONUS!!

Loading...