close

BACA ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!!

Loading...
Loading...

Gejala kanker kulit dikira biasa saja yang kini sedang ramai dibicarakan, waspada gejala nomor 1



Adara Taista, menantu mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker kulit melanoma sejak April 2017 lalu. Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang sangat berbahaya. Dilansir dari Skincancer.org, melanoma berkembang pada sel melanosit yang menghasilkan melanin atau pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Tidak hanya pada permukaan kulit, melanoma bisa menyerang bagian tubuh lainnya, seperti mata, telinga, dan organ dalam, seperti kantung kemih, usus, dan vagina.

"Adara Taista menderita penyakit yang disebut dokter dengan Kanker Melanoma. Melanoma itu yang biasa disebut kanker kulit tapi pada Adara Taista tidak berada di permukaan kulit melainkan di organ dalam," ungkap Hatta Rajasa, di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018).

Penyebab melanoma belum diketahui secara jelas.

Situs Cancer.org menyebutkan paparan radiasi ultraviolet (UV), sinar matahari hingga lampu tidur dapat meningkatkan risiko melanoma.

Menangkap tanda-tanda melanoma penting untuk memastikan penyakit kanker terdeteksi sedini mungkin agar dilakukan tindakan mencegah penyebaran.

Ada pun cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengidentifikasi tahi lalat, benjolan atau bintik pada kulit lain apakah termasuk melanoma atau tidak.


Gejala Kanker Kulit Melanoma

1. Munculnya Tahi Lalat

Seringkali tumor melanoma dimulai dari tahi lalat yan sudah atau atau dari suatu jaringan yang mirip tahi lalat.

Orang-orang dengan tahi lalat lebih dari 50 memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami kanker kulit. Salah satu tanda dari tahi lalat yang merupakan melanoma adalah bentuknya yang asimetris, batas tahi lalat yang tidak rapi, warna yang berbeda-beda, dan memiliki ukuran yang besar.

2. Peradangan di Sekitar Tahi Lalat

Sel-sel kanker kulit biasanya akan memicu peradangan di sekitar tahi lalat. Peradangan ini akan ditandai dengan kemerahan yang mirip dengan iritasi kulit. Namun bedanya kondisi ini akan cenderung memburuk setiap hari.

3. Kulit Sensitif

lKetika seseorang dinyatakan mengalami kanker kulit, biasanya dokter memeriksa tanda-tanda perkembangan sel abnormal. Misalnya seperti gatal terus menerus, rasa sakit saat disentuh, dan iritasi.


Gejala kanker kulit melanoma seringkali ditandai dengan munculnya tahi lalat baru atau ketika terjadi perubahan bentuk dari tahi lalat yang lama. Bentuk tahi lalat normal biasanya memiliki satu warna, berbentuk bulat atau oval, dan berdiameter kurang dari 6 milimeter. Sedangkan melanoma biasanya memiliki ciri-ciri:
Memiliki lebih dari satu warna
Bentuknya tidak beraturan
Diameternya lebih besar dari 6 mm
Terasa gatal dan bisa berdarah

Dengan daftar ABCDE, kita bisa membedakan tahi lalat normal dengan melanoma. Daftar ABCDE adalah:

A (asymmetrical) asimetris: melanoma memiliki bentuk tidak beraturan dan tidak bisa dibagi dua sama rata
B (border) pinggiran: melanoma memiliki pinggiran yang tidak rata dan kasar, berbeda dengan tahi lalat normal
C (colour) warna: melanoma biasanya campuran dari dua atau tiga warna
D (diameter) diameter: melanoma biasanya berdiameter lebih besar dari 6 milimeter, dan berbeda dari tahi lalat biasa
E (enlargement or evolution) pembesaran atau evolusi: tahi lalat yang berubah bentuk dan ukuran setelah beberapa lama biasanya akan menjadi melanoma

Melanoma bisa tumbuh di bagian tubuh manapun, tapi beberapa bagian tubuh yang sering terpengaruh adalah:

Wajah
Tangan
Punggung
Kaki

Perlu diketahui, melanoma tidak selalu dimulai dari tahi lalat. Karena melanoma juga bisa muncul pada kulit yang terlihat normal dan jarang terpapar sinar ultraviolet. Terkadang melanoma juga bisa muncul di bawah kuku, di mulut, saluran pencernaan, saluran kemih, vagina, atau pada bagian mata. Temui dokter secepatnya jika Anda merasa cemas dengan salah satu tahi lalat Anda. ( alodokter.com )

Subscribe to receive free email updates:

BACA ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!!

Loading...