close
Loading...
Loading...

Sholatnya Istri yang Kurang Ajar Kepada Suaminya Tidak Akan Diterima Oleh Allah


Sholatnya istri yang kurang ajar kepada suaminya tidak hendak diterima oleh allah

islam menempatkan peran suami begitu amat istimewa untuk seseorang istri. mentaati suami dan juga senantiasa berupaya memperoleh keridhaan – nya jadi karena menurutnya buat masuk surga.

sebagaimana perilaku kurang ajar, menentang, dan juga durhaka kepada suami jadi karena seseorang istri digiring ke neraka. ini merupakan masalah amat berarti sekali buat dicermati para istri dan juga perempuan muslimah.

hingga harus untuk istri buat mencermati suaminya. kalau suami merupakan satu pintu besar dari pintu surganya. mematuhi suami dalam kebaikan merupakan jalur mengarah surga. karenanya, janganlah seseorang istri kurang jaar, menyombongkan diri dan juga membangkang terhadap suaminya.

dari al – husain bin mihshan radhiyallahu ‘anhu, kalau bibinya menghadiri rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam buat satu keperluan. sehabis tuntas, rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadanya, “apakah kalian memiliki suami? ” dia menanggapi, “ya. ”

“bagaimana sikapmu terhadapnya? ” tanya nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

dia menanggapi, “aku senantiasa melayaninya, kecuali apa yang tidak kumampu. ”

setelah itu dia bersabda,

انْظُرِي أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ، فَإِنَّهُ جَنَّتُكِ وَنَارُكِ

“perhaitkan posisimu terhadapnya, karna ia merupakan surgamu dan juga nerakamu. ” (hr. ahmad)

sabda nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kepada bibi al – husain pula berlaku kepada tiap muslimah. berlaku untuk tiap istri. perhatikan kedudukanmu di sisinya.

apakah engkau setimpal keinginannya, sayang kepadanya, melayaninya, menghiburnya dikala susah, menyongsong seruannya? bila demikian hingga keridhaannya jadi karena istri masuk surga.

ataukah engkau jauh dari harapannya, kerap membikin gusar pribadinya, menentang dan juga durhaka kepadanya, dan juga kufur terhadap kebaikannya, ? bila demikian hingga kemurkaan dan juga kemarahan suami jadi karena sang istri masuk neraka.

terlebih lagi di hadits lain, shalat seseorang perempuan tidak hendak diterima dan juga dinaikan kepada allah karna karena kemurkaan suami terhadapnya.

dari abu umamah radhiyallahu ‘anhu, rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ثلاثة لا تجاوز صلاتهم آذانهم العبد الآبق حتى يرجع وامرأة باتت وزوجهاعليها ساخط وإمام قوم وهم له كارهون

“tiga orang yang shalat mereka tidak melampaui kuping mereka. ialah budak yang kabur hingga ia berulang, isteri yang tidur sedangkan suaminya marah kepadanya, dan juga pemimpin suatu kalangan dan juga kalangan itu membencinya. ” (hr. al – tirmidzi)

dalam sunan ibni majah dengan isnad hasan, dari ibnu abbas, dari nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,

ثلاثة لا ترفع صلاتهم فوق رءوسهم شبرا : رجل أم قوما، وهم له كارهون ،وامرأة باتت وزوجها عليها ساخط، وأخوان متصارمان

“tiga orang yang shalat mereka tidak hendak terangkat melebihi kepala mereka walaupun sejengkal aja: seorang yang mengimami satu kalangan semetara mereka membencinya, perempuan yang tidur semetara suaminya marah kepadanya, dan juga 2 kerabat yang silih memutuskan ikatan. ”

dalam hadits ini, mampu pula dimengerti, kalau ciri diterimanya shalat seseorang istri merupakan dengan ridha suaminya kepadanya. kalau shalat seseorang istri hendak dinaikan kepada allah subahanahu wa ta’ala bila suaminya ridha kepadanya.

amat aneh, terdapat seseorang perempuan senantiasa menggunakan baju shalat, dekat dengan sajadahnya, dan juga mushaf berposisi di tangannya. tetapi, dia tidak hirau kebutuhan suaminya terhadap pribadinya.

dia tidak patuh kepada suaminya. terlebih lagi menyombongkan diri dan juga menentang suaminya. begitu, shalat dan juga bermacam ibadah perempuan ini amat susah diterima allah subahanahu wa ta’ala.

wallahu a’lam.

mudah – mudahan tulisan yang pendek ini mampu jadi pengingat dan juga berguna

Subscribe to receive free email updates:

BACA ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!

Loading...