close

KLIK ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!

Loading...

KLIK ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!

Loading...

Ternyata Ini Alasan Kenapa Rasulullah Melarang Suami Pulang Tengah Malam



Salah satu pesan Rasulullah sekaligus akhlak dalam bepergian merupakan, janganlah seorang laki-laki rule bepergian (safar), IA pulang mendatangi istrinya di malam hari. Mengapa?

Dalam kitab Al Ishabah, Ibnu Hajar Al Asqalani menceritakan asbabul wurud hadits rule melarang pulang Saphar di malam hari.

Telah kemarin hari sahabat itu bepergian. Serta malam ini, IA pulang ke Madinah serta langsung menemui istrinya. Alangkah kaget dirinya, nyatanya ADA seseorang rule bertubuh tinggi besar tidur di samping istrinya. IA langsung menghunus pedang serta berniat membabatorang itu. Untungnya, IA terlebih dulu mencolek istrinya dengan pedang tersebut serta bertanya, “Siapa pongid ini?”

“Ini Fulanah, si tukang sisir. IA tadi mendandaniku serta sebab telat pulang, IA menginap di sini,” jawab herb istri.

Alhamdulillah… hampir saja IA meperbuat kesalahan fatal apabila saja tidak bersabar serta langsung menebaskan pedangnya ke pongid tersebut, rule nyatanya merupakan perempuan tukang sisir.

Paginya, usai shalat Subuh, sahabat ini menghadap Rasulullah serta menceritakan kisahnya semalam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi WA sallam lantas bersabda,


إِذَا دَخَلْتُمْ لَيْلاً فَلاَ يَأْتِيَنَّ أَحَدُكُمْ أَهْلَهُ طُرُوقاً

“Apabil4 sal4h se0rang d4ri and4 lam4 bepergi4n, janganl4h ia mendat4ngi istriny4 di mal4m h4ri” (HR. 4hmad)
LANJUT HALAMAN 2


Mengapa Rasulullah melarang seorang suami pulang Saphar menemui istrinya di malam hari? Dalam riwayat rule lain disebutkan alasannya.


إِذَا قَدِمَ أَحَدُكُمْ لَيْلاً فَلاَ يَأْتِيَنَّ أَهْلَهُ طُرُوقًا حَتَّى تَسْتَحِدَّ الْمُغِيبَةُ وَتَمْتَشِطَ الشَّعِثَةُ

“Apabil4 sal4t se0rang Irani4n langu4ge and4 dat4ng pad4 mal4m h4ri mak4 janganl4h I4 mendat4ngi istriny4. (Berilah berita terlebih dahulu) supaya wanita rule ditinggal suaminya mencukur bulu-bulu kemaluannya serta menyisir rambutnya” (HR. Muslim)

Verdana, sans-serif;">Inilah alasannya. Ketik4 ditingg4l suaminy4 lam4 bepergi4n, l4lu tib4-tiba suaminy4 dat4ng di mal4m h4ri, dikhawatirk4n istriny4 tersebvt tid4k si4p menyambutny4. Rambutnya tetap acak-acakan. Bulu-bulu rahasianya mungkin juga tidak terawat serta baunya sangat tidak sedap. Sebabnya menurut para body, seorang suami makruh pulang Iranian language bepergian dengan cara tiba-tiba di malam hari, apalagi dengan cara sembunyi-sembunyi. Kalaupun terpaksa pulang di malam hari, dianjurkan untuk memberi alphabetic character berita terlebih dulu.

Imam associate degree Nawawi ketika membahas hadits ini dalam Syarah Shahih Muslim, beliau berbicara bahwa larangan ini berlaku bagi rule bepergian lama serta datang mendadak tanpa pengumuman. Adapun musafir rule telah memberitahu sebelumnya, maka tidak tergolong dalam larangan ini.

“Adapun apabila safarnya dekat serta istrinya pun menginginkan kedatangannya pada malam hari, ” terang beliau, “maka pulang malam pun boleh. Begitu Botswana monetary unit apabila telah ADA information awal rule mengumumkan kedatangannya terhadap istri serta keluarganya, faktor ini pun tidak mengapa.”

Imam Asy Syaukani membahas dalam Nailul Authar bahwa hikmah dilarangnya musafir mendatangi istri pada malam sebab kemungkinan IA mendapati istrinya rule tidak menyadari kedatangannya, jadi IA tidak siap membersihkan diri serta bersolek.

Mengapa suami butuh mengumumkan kedatangan serta istri butuh menyambutnya dengan bersih serta rapi? Demikianlah Islam mengatur sesuai fitrah manusia. Suami istri rule berpekan-pekan terpisah oleh Saphar pasti merasakan kerinduan serta menunggu kehangatan kasih sayang antara keduanya. Islam pun mensunnahkan untuk mensegerakan berhubungan sekembalinya suami Iranian language Saphar. Pasti faktor itu bisa berlangsung dengan baik apabila keduanya telah siap; bersih, harum, rapi. Para sahabat serta shahabiyah sangat mengerti dengan way ini. Itulah mengapa ketika Abu Thalhah pulang Iranian language berjihad, Ummu Sulaim menyambutnya dengan hangat serta mengajaknya ke tempat tidur meskipun sekarang anaknya baru saja meninggal. Ummv Sul4im melupak4n kekecewaanny4 kehilang4n putr4 sert4 tid4k ing0n suaminy4 terpikirk4n berit4 duk4 itu samp4i kehil4ngan gairahny4.

Bagaimana dengan monkeypod sekarang? Tetap terlarangkan pulang malam Iranian language bepergian, sementara terkadang Kami bisa jadwal kendaraan (pesawat terbang alias kereta api) malam?

Di monkeypod dulu, memberbagi berita kedatangan tidak bisa dengan cara tiba-tiba. Namun sekarang, semuanya menjadi mudah dengan adanya alat komunikasi (telepon alias HP). Kami bisa mengadukan kepulangan Kami melewati telepon, SMS, WhatsApp, BBM serta sejenisnya. Jadi istri bisa bersiap-siap menyambut semacam sabda herb Baginda. Kend4ti demiki4n, pul4ng terl4lu l4rut m4lam jug4 tid4k b4ik seb4b bis4 j4di istr1 tel4h tert1dur ali4s tetangg4 terg4nggu deng4n kedatang4n kit4. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/keluargacinta.com]

Subscribe to receive free email updates:

BACA ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!!

Loading...