close

BACA ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!!

Loading...
Loading...

Astagfirullahaladzim, Anak Nangis Dikira Minta Susu Ternyata…

Menjaga anak emang butuh kewaspadaan ekstra, karena lengah sedikit saja, nyawa bsia jadi taruhannya. Seperti yang dialami bayi satu ini. Awalnya orangtuanya mengira si anak menangis karena menginginkan susu, namun ternyata ada seekor lipan masuk ke dalam telinganya.

FYI, lipan/kelabang merupakan hewan berbisa (mematikan) yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya.

Ini Menjadi peringatan keras bagi para orang tua agar jangan sepelekan masalah kebersihan jagalah selalu kebersihan di rumahmu! demi anak anakmu juga. Jangan sampai kejadian seperti ini terulang lagi.

INILAH Bahaya Gigitan kelabang

Meskipun racun tidak menyebabkan masalah pada orang yang digigit , namun gigitan kelabang bisa menyebabkan trauma yang parah. Bahaya gigitan kelabang kecil belum bisa menembus kulit manusia karena taring yang masih sangat lemah. Namun taring yang besar pada kelabang besar bisa menyebabkan gigitan yang sangat sakit. Bahaya dari gigitan kelabang adalah rasa sakit nyeri yang parah dan sulit untuk diatasi. Nyeri karena gigitan kelabang bisa terjadi selama beberapa hari dan biasanya membuat orang yang digigit menjadi frustasi. Namun gigitan kelabang sama sekali tidak menyebabkan kematian mendadak meskipun bisa menderita beberapa jenis gejala keracunan.

Cara Mengatasi Gigitan Kelabang

Ketika kelabang menggigit maka ada bagian jarum kecil yang ditusukan pada permukaan kulit. Tusukkan inilah yang menyebabkan rasa sakit parah saat terkena gigitan kelabang. Terlebih jika ukuran kelabang sudah besar, maka rasa sakit bisa menjadi lebih parah. Namun, jika kondisi ini terjadi maka bisa mengatasi reaksi sakit dengan cara:

  • Bersihkan daerah bekas gigitan kelabang dengan sabun yang mengandung antiseptik.
  • Kompres dengan air panas atau air dingin pada bagian gigitan kelabang untuk mengurangi rasa sakit pada bekas gigitan kelabang.
  • Gunakan obat-obatan anti nyeri apabila bekas gigitan kelabang menimbulkan nyeri yang sangat parah.
  • Gunakan krim atau salep yang mengandung hidrokortison apabila bekas gigitan kelabang menyebabkan penyakit kulit gatal dan ruam.
  • Jika ada infeksi dari bekas gigitan kelabang maka bisa menggunakan beberapa jenis antibiotik yang didapatkan dari dokter.
  • Ruam atau jaringan kulit yang rusak pada biasanya bisa sembuh sendiri namun menjaga kebersihan daerah sekitar gigitan kelabang sangat diperlukan.
  • Bahaya gigitan kelabang juga bisa menyebabkan tetanus sehingga jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin untuk mengatasi tetanus maka harus segera berkonsultasi ke dokter

Tips Jika Terkena Gigitan Kelabang

Jika Anda secara tidak sengaja terkena gigitan kelabang maka Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini :

  • Segera cuci hingga bersih bagian yang terkena gigitan kelabang. Gunakan sabun dengan lembut dan jangan menggosok atau menekan pada daerah gigitan karena bisa menyebabkan infeksi.
  • Berikan es batu pada bagian yang terkena gigitan. Hal ini diperlukan untuk mencegah infeksi dan mengatasi kematian jaringan di sekitar gigitan menjadi lebih parah.
  • Hindari membungkus bagian kulit yang terkena gigitan kelabang. Jangan menutup luka dengan kain kasa atau bahan lain agar luka tetap terkena udara.
  • Konsumsi air putih yang banyak untuk mencegah dari berbagai gejala keracunan yang ditandai dengan demam, mual, muntah dan sakit kepala. Efek kekurangan air putih ini bisa sangat fatal setelah terjadi gigitan kelabang.
  • Konsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C, untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah lemah setelah terkena gigitan kelabang.

Subscribe to receive free email updates:

BACA ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!!

Loading...