close

BACA ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!!

Loading...
Loading...

Astaghfirullah, Viral Gadis Hipotermia Disetubuhi di Gunung Rinjani NTB Demi Selamatkan Nyawa, Ini Duduk Perkaranya

Ilustrasi dihangatkan 
Penjelasan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB terkait kasus viral perempuan hipotermia disetubuhi di Gunung Rinjani, NTB untuk menyelamatkan nyawanya.

Lini masa media sosial dihebohkan dengan adanya kisah dari seorang netizen yang menceritakan pengalamannya memberi prtolongan pertama pada seorang gadis hipotermia di Gunung Rinjani dengan cara disetubuhi.

Media sosial ramai membicarakan tentang pendaki perempuan di Gunung Rinjani yang terkena hipotermia.

Untuk menyelamatkan nyawanya, diceritakan bahwa pendaki perempuan itu disetubuhi agar suhu tubuhnya tetap hangat.

Menanggapi cerita tersebut, Kompas.com pada Selasa (23/7/2019) mengonfirmasi  Sudiyono, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Ia mengatakan bahwa cerita tentang pendaki perempuan hiportermia yang disetubuhi tersebut belum tentu terjadi di Rinjani.

"Belum tentu, kalau saya tidak yakin itu terjadi di situ (Rinjani)," kata Sudiyono.

Dia mengatakan, kawan-kawan guide dan pramuantar di Gunung Rinjani juga memprotes berita itu yang diceritakan seolah-olah terjadi di Rinjani.

Padahal jalur pendakian Rinjani baru saja dibuka kembali setelah gempa mengguncang Lombok beberapa bulan yang lalu.

Dia juga mengatakan bahwa di jalur Sembalun ada guide perempuan sehingga pendaki perempuan bisa lebih nyaman saat mendaki.

Terkait hipotermia, Sudiyono mengatakan saat berada di ketinggian, suhu tubuh seseorang bisa saja turun dan mengalami hipotermia. Namun hal tersebut tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing pendaki.

Untuk itu, Sudiyono mengatakan bahwa seorang pendaki harus memiliki persiapan, salah satunya dengan membawa pakaian hangat dan bekal makanan untuk mencegah hipotermia.

"Orang mendaki inikan harus persiapan makanya ketika check in pack in dan pack out itu untuk pengecekan barang yang akan naik itu kan juga harus ada standarnya yang harus dipenuhi. Kalau naik tanpa bekal dan segala macam kan itu konyol juga," katanya. (Kompas.com/Karnia Septia, Rachmawati)

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2019/07/24/07050051/duduk-perkara-cerita-viral-perempuan-pendaki-gunung-rinjani-disetubuhi-saat







Saat mendaki gunung menjadi tren banyak sekali hal2 yang memprihatinkan sampai ke tindakan asusila ! __ Secara teori penanganan hipotermia dengan Skin To Skin bukanlah menyetubuhi ! Jadi salah kaprah !! Kalau korbannya cowo 😱😱 diapain? __ Banyak hal saat ini yang sebenernya salah, tapi karena sering dilakukan akhirnya jadi pembenaran. __ Ayolah guys informasi mudah di dapat saat ini tinggal di saring dan banyak sekali komparasinya __ Sungguh memprihatinkan seorang pendaki mampu menulis comment kronologi seperti itu, entah apa yang ada dalam hati dan otaknya ?? __ Jangan sampai hal ini terulang kembali !!! __ No bully ya, tanggapi dengan diskusi jernih __ #pendaki #pendakiindonesia #hipotermia #pendakigunung #pendakicantik #pendakikusam_ #pendakikusam #travellerid #ceritapendaki #jejakpendaki #pendakilawas #pendakimuslimah #pendakimuslim #mountnesia #mountainesia #urbanhikers #pendakicupu #pendakikeren #pendakijomblo #backpackerindonesia #dokterpendaki #gunungindonesia #gunung
A post shared by Willy Kurniawan (@willykurniawanid) on

Berikut cara mengatasi hipotermia ketika sudah menyerang korban seperti dikutip Tribunstyle.com  dari phinemo.com, Kamis (21/6/2018).

Pada korban yang sadarkan diri:

1. Bawa masuk ke dalam tenda. Menghindarkan korban dari hembusan angin.

2. Ganti baju basah dengan pakaian kering. Bantulah korban dengan mengganti baju.

Itu menjadi alasan kenapa setidaknya ada dua wanita ikut dalam pendakian.

3. Berilah minuman hangat. Minuman yang membantu tubuh lebih hangat, seperti miuman jahe.

4. Beri makanan berkalori tinggi. Untuk kondisi darurat, pastikan Anda membawa makanan ringan manis yang cepat mengenyangkan, seperti coklat atau makanan yang berkalori tinggi lainnya.

5. Hangatkan badan korban. Cara ini bisa dilakukan dengan mengenakan beragam penghangat tubuh, seperti penutup kepala, jaket, kaos kaki, celana hangat dan sleeping bag.

6. Jika memungkinkan, buatlah api di luar tenda, dan arahkan panas apinya ke dalam tenda.

Pada korban yang tidak sadarkan diri:


1. Bawa ke dalam tenda

Tujuannya untuk menjaga dari angin yang berhembus, tenda juga adalah tempat yang cukup hangat ketika berada di alam bebas.

2. Ganti baju basah secara perlahan

Penggantian baju dilakukan dengan perlahan, pastikan tidak terburu-buru.

3. Masukan ke dalam sleeping bag

Untuk menjaga panas tubuh yang tersisa tidak mudah lepas begitu saja.

4. Berbagi panas tubuh

Bisa dilakukan dengan cara memegang tangan atau memeluknya.

Panas tubuh akan mudah berpindah ketika menempel ke tubuh lainya (kulit ketemu kulit).

Pastikan Anda mengetahui etikanya ketika melakukan hal ini.

5. Sadarkan korban

Cara menyadarkannya bisa dengan menepuk-nepuk pipi atau dengan memanggil namanya. (https://www.tribunnews.com/nasional/2019/07/24/viral-gadis-hipotermia-disetubuhi-di-gunung-rinjani-ntb-demi-selamatkan-nyawa-ini-duduk-perkaranya)

Subscribe to receive free email updates:

BACA ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!!

Loading...