close

KLIK ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!

Loading...

KLIK ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!

Loading...
Loading...

Inilah 8 Fakta Seputar Gunung Piramid, Lokasi HIlangnya Pendaki Remaja SMP Thoriq Rizki Maulidan



Thoriq Rizky Maulian, remaja SMP yang dikabarkan hilang di Gunung Piramid Bondowoso akhirnya ditemukan, Jumat (5/7/2019).

Sayangnya, Thoriq ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Tim Pencari Perhimpunan Penempuh Rimda dan Pendaki Gunung atau Wanadri lah yang menemukan jenazah pemuda malang tersebut.

Menurut pers rilis yang disampaikan di akun Instagram Humas Wanadri, jenazah Thoriq ditemukan [ukul 15.30 WIB.

Jenazah itu ditemukan di jurang bagian selatan Gunung Piramid.

Nama Gunung Piramid mungkin belum terlalu dikenal publik. Kompas Travel mencoba mengumpulkan sejumlah fakta mengenai Gunung Piramid yang ada di Bondowoso, Jawa Timur. Berikut ulasannya

1. Masih merupakan bagian Gunung Argopuro

KompasTravel mencoba menghubungi admin @bondowosoexplorer yang merupakan salah satu pegiat wisata dan memiliki pengalaman mendatangi Gunung Piramid.

Menurut penjelasannya Gunung Piramid masih termasuk bagian dari wilayah Gunung Argopuro

“Puncak Piramid merupakan bagian jajaran dari Pengunungan Hyang Argopuro,” tuturnya.

2. Memiliki bentuk seperti piramid dan sejumlah mitos

Wujud Batu Langgar
Gunung Piramid disebut demikian lantaran dari kejauhan gunung ini berbentuk segitiga seperti halnya piramida Mesir, sehingga nama Gunung Piramid disematkan.

Warga sekitar juga kerap mengingatkan kepada para pendaki Gunung Piramid untuk tidak mengambil apapun ketika mendaki Gunung Piramid terutama buah, karena konon jika mereka mengambil tidak akan kembali.

Sebelum sampai camping ground juga terdapat Batu Langgar, yang dinilai keramat oleh warga setempat.

3. Meski Gunung Piramid tak terlalu tinggi, namun Memiliki kemiringan ekstrem

Gunung Piramid memiliki ketinggian 1.521 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meskipun memiliki tinggi yang bisa dikatakan tidak seberapa jika dibandingkan gunung lain, akan tetapi Gunung Piramid memiliki medan yang ekstrim.

Admin @bondowosoexplorer bahkan memperkirakan tingkat kemiringannya mungkin sekitar 90 derajat.

“Track dikenal sadis dan kejam bahkan tingkat kemiringan sampai 90 derajat di punggungan terakhir menuju puncak,” tuturnya.

4. Jalur pendakian tak Mudah

Jalur pendakian menuju puncak tidaklah mudah. Selain miring, medannya pun cukup sulit. Jalur yang harus dilewati merupakan jalur setapak dengan kultur trek bebatuan dan berpasir.

Jika dari batas vegetasi jalur pendakian sangat sempit  dan panjang. Kanan kiri berupa jurang curam, salah perhitungan salah melangkah akan berakibat fatal. Dibutuhkan konsentrasi penuh,serta peralatan yang memadai.

Selain jalur dari batas vegetasi ke puncak yang cukup sulit, jalur dari start awal sampai ke campground juga cukup melelahkan

Nantinya pengunjung akan melewati deretan hutan pinus, kebun kopi, baru jalur mulai naik.

5. Pendakian membutuhkan waktu yang lama

Dengan ketinggiannya yang sebetulnya tidak terlalu tinggi, namun mengingat medannya yang susah, membuat pendakian ke Gunung Piramid membutuhkan waktu yang lama.

Menurutnya, waktu normal untuk sampai ke area camping ground berkisar 3 jam.

“Normal 3 jam, untuk ukuran profesional menuju camping ground,”

Sementara dari camping ground ke Puncak, waktu yang dibutuhkan sekitar 3-5 jam tergantung kemampuan.

“Jika amatiran bisa-bisa 5 jam,” tuturnya.

6. Memiliki pemandangan yang indah

Mendaki ke Gunung Piramid, sejatinya memang banyak pemandangan elok yang ditawarkan. Tak hanya view puncak yang menampilkan pesona Argopuro dan Alam Bondowoso yang mewawan. Tetapi selama perjalanan ada banyak yang bisa ditemui.

Aliran sungai, alam yang asri, hutan pinus, dan kebon kopi adalah beberapa panorama yang bisa dilihat sebelum sampai ke campground

Untuk menuju ke Gunung Piramid, jika dari arah kota bisa masuk menuju Kecamatan Curahdami. Kemudian menuju ke desa paling ujung yaitu dusun Tegal tengah kelurahan Curahdami.

Selanjutnya jika dari rumah penduduk relatif mudah sampai ujung sungai,dan sungai tersebut merupakan mata air satu-satunya yang posisinya berada di dasar gunung.

"Trek selanjutnya adalah melewati hutan, kebun kopi selanjutnya rute mulai naik. Baru setelah itu terdapat hutan bambu serta batu langgar sebelum mencapai campground," tuturnya.

7. Area berkemah hanya muat satu tenda dan Puncak Piramid hanya berukuran sekitar 5 meter

Gunung Piramid
Gunung Piramid(Dok. @bondowosoexplorer)
Meski disebut camping ground, akan tetapi camping ground di sini hanya muat satu tenda.

Sementara jika melanjutkan ke Puncak Piramid, ukuran puncak sangatlah sempit hanya berkisar 5 meter sehingga cukup mustahil jika ingin mendirikan tenda di atasnya.

8. Sangat disarankan untuk yang sudah ahli, menggunakan peralatan lengkap serta menggunakan jasa guide

Admin @bondowosoexplorer sangat menyarankan jika ingin datang ke Gunung Piramid, maka sebaiknya menyewa jasa guide. Ia juga menyarankan agar hanya pendaki yang sudah memiliki keahlian serta memiliki peralatan lengkap yang  mendaki ke puncak. Pertimbangannya karena medan yang ada cukup berbahaya.

Dari penuturannya, sejatinya sudah pernah ada upaya untuk komunikasi dengan pihak kelurahan dalam sebuah forum tidak resmi. Komunikasi diharapkan menghasilkan persyaratan khusus bagi siapapun yang ingin mendaki ke Puncak Piramid, tetapi sayangnya belum ada keputusan.

Subscribe to receive free email updates:

BACA ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!

Loading...