Loading...

KLIK ARTIKEL DIBAWAH BERUNTUNG DAPAT BONUS!

Loading...
Loading...

Peringatan untuk orangtua agar berhati-hati, gadis ini Mendadak Lumpuh, ayahnya Terkejut Saat Temukan makhluk ini di kepala anaknya


Siapa yang tak panik bila terjadi sesuatu yang salah pada buah hatinya. Hal itu pula yang dirasasakan oleh pasangan orangtua bernama Lantz Lewis dan Amanda Lewis ini.

Kisah menegerikan yang dialami mereka itu dibagikan ke media sosial Facebook mereka.

Tak disangka kisah mereka ini pun menjadi viral.

Ia dan suami mengalami hal menakutkan ketika putrinya, Evelyn tiba-tiba mengalami kelumpuhan !

Foto : TribunNews

Padahal, sebelumnya anak cantiknya itu baik-baik saja dan bisa berjalan seperti anak-anak lainnya.

"Dokter berbicara kepada kami sebentar dan mengatakan bahwa selama 15 tahun terakhir dia telah melihat sekitar 7 atau 8 anak seusianya dengan gejala yang sama dan kemungkinan ini diakibatkan karena kutu. Tim dokter menyisir rambutnya dengan perlahan dan menyeluruh, kemudian mereka menemukan kutu bersembunyi di rambutnya. Kondisi ini disebut tick paralysis. Hal itu bisa mempengaruhi anak kecil dan anjing juga dan bisa berakibat fatal."

Kondisi yang dialami Evelyn dikenal sebagai tick paralysis atau lumpuh caplak. Kata Amanda, sesaat setelah kutu tersebut diambil dari kepala Evelyn, gadis kecil itu mulai membaik dalam beberapa jam. Bahkan meski masih dirawat di UGD agar kondisinya tetap terpantau, Evelyn sudah bisa menikmati es loli dan menonton film kartun.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menjelaskan lumpuh caplak sebenarnya jarang terjadi. Kelumpuhan ini disebabkan oleh toksin pada air liur caplak. Gejalanya meliputi kelumpuhan akut yang sering disalahartikan dengan kondisi neurologis lainnya, termasuk sindrom Guillain-Barré ataupun botulisme. Kelumpuhan biasanya mereda dalam waktu 24 jam setelah caplak dikeluarkan.

Foto : RioFarm

Caplak sendiri merupakan sejenis kutu penghisap darah yang biasanya ditemukan di hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Dalam jumlah banyak, caplak bisa menyebabkan anjing atau kucing kurus. Caplak juga diketahui dapat menularkan beberapa patogen seperti bakteri, virus dan protozoa.

Postingan Amanda di Facebook-nya diharapkan bisa memberi kewaspadaan pada para orang tua terkait lumpuh caplak.

Subscribe to receive free email updates:

Loading...